Wanita Dicecoki dan Diperkosa 4 Pria di Tangerang Lakukan Konseling, UPT P2TP2A Tangsel: Korban Sudah Membaik

oleh -6 Dilihat

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Korban pemerkosaan berinisial I (18) yang diperkosa oleh empat pria usai dicekoki minuman keras di Kota Tangerang saat ini telah mendapatkan pendampingan dan konseling. Kondisinya sudah membaik.

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Tangerang Selatan memastikan bahwa korban saat ini dalam kondisi psikologis yang berangsur baik, dan mereka memastikan akan terus mendampingi korban sampai pulih.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) P2TP2A Tangsel Tri Purwanto mengatakan, pihaknya sigap mendatangai kediaman korban usai insiden itu dilaporkan, dan mereka siap mendampingi korban secara hukum maupun kejiwaan.

“Kami juga baru tahu mendapatkan info. Ya, akhirnya pihak korban minta pendampingan. Ya kami informasikan bahwa ada layanan pendampingan baik hukum maupun konseling,” ujar Tri saat dikonfirmasi, Kamis (2/11/2023).

Menurut Tri, memang pada awalnya korban akan didampingi dan diberikan konseling oleh UPT P2TP2A Kota Tangerang karena tempat kejadian perkara (TKP) kasus pemerkosaan itu dilakukan di Kota Tangerang dan dilaporkan ke pihak Polres Metro Tangerang Kota.

Namun, dikarenakan korban merupakan warga dari Kota Tangerang Selatan, maka UPT P2TP2A Tangsel pun mengambil alih pendampingan dan konseling terhadap korban ini.

Menurut Tri, pada saat pertemuan untuk konseling oleh timnya, kondisi korban sudah cukup membaik. Akan tetapi, mereka masih akan menjadwalkan pertemuan atau konseling lanjutan setelah itu.

“Alhamdulillah ya (kondisi korban baik saat ini), mungkin juga karena sudah dilakukan konseling psikologi oleh UPT Kota Tangerang. Tapi kan ada dalam artian korban ini kuatlah masih bisa komunikasi dengan kami. Tapi, tetap kami berikan layanan konseling sih selanjutnya untuk penguatan trauma-trauma dia dalam memberikan kesaksiannya nanti di persidangan dan sebagainya,” jelasnya.

Tri melanjutkan, dari hasil konseling berjadwal nantinya, korban mengalami perkembangan membaik, maka pihak UPT TP2TP2A Tangsel akan menyesuaikan kembali kebutuhan dalam proses hukum dan psikologis korban seperti apa.

Saat ini, empat pelaku yang dilaporkan korban sedang menjalani proses hukum. Meskipun satu orang di antaranya masih di bawah umur dan telah dituntut pidana, tetapi tiga pelaku lainnya masih dalam penahanan oleh Polres Metro Tangerang Kota sembari menunggu keputusan hukuman dari kejaksaan nantinya.

Selain melakukan konseling terhadap korban, pihak UPT PT2TP2A Tangsel saat ini tengah mempersiapkan dan menjadwalkan untuk melakukan audiensi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang.

“Informasi terbaru kami mau menanyakan pihak kejaksaan terkait dengan putusan yang sudah ada. Itu ke kejaksaan nanti. Soalnya kita dalam info sudah ada putusan, dari pihak keluarga juga belum dapat informasi itu kaya salinannya dan gimana. Kita akan lakukan audiensi lah dengan kejaksaan terkait dengan putusannya dengan keluarga korban juga. Dalam waktu dekat kita lagi buat konsep suratnya,” pungkasnya. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.