Terendam Banjir, Warga Cipondoh Kota Tangerang Tinggal Ditempat Pemotongan Hewan

oleh -30 Dilihat

 

Fokuspembaca.com – Puluhan rumah warga di Kampung Candulan, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten terendam banjir. Dampaknya, warga terpaksa tinggal di lokasi tempat pemotongan hewan.

 

Genangan banjir setinggi sekitar 70-80 centi meter merendam puluhan rumah warga di Kampung Candulan, Kelurahan Petir Cipondoh. Selain imbas hujan pada kemarin, banjir di permukiman warga ini juga akibat meluapnya air kali Angke.

 

Sebab, permukiman warga tersebut memang persis berdampingan dengan kali Angke. Sehingga, kala hujan turun lebat dan air datang dari Bogor mudah meluap ke permukiman warga di sana.

 

Petugas BPBD Kota Tangerang sudah bersiaga di lokasi banjir dan telah mengevakuasi warga khususnya di lingkungan RT 01, dan 02, RW 04, yang memang kondisi genangan banjir di rumah mereka cukup tinggi.

 

Menurut Nani, dirinya terpaksa mengungsi di aula perkantoran rumah pemotongan hewan (RPH) yang tidak jauh dari lokasi banjir. Sebab, rumah tinggal sudah tidak bisa ditempati karena kondisi genangan banjir lebih dari sepinggang orang dewasa.

 

“Banjir di rumah masih sepinggang, imbas hujan kemarin dan juga luapan dari kali Angke karena air kiriman dari Bogor,” ujar Nani di lokasi pengungsian rumah pemotongan hewan, Minggu (7/1/2024) siang.

 

Ia menyatakan permukimannya memang menjadi langganan banjir tiap hujan lebat serta air turun dari daerah Bogor. Banjir diperburuk kondisi saluran drainase yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga air lama surut.

 

“Sering banget banjir, sudah langganan ini mah, jadi udah biasa, belum ada bantuan dari pemerintah. Kalau bantuan belum ada sama sekali. Ia butuh makanan dan lainnya,” ungkapnya.

 

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Wati. Banjir di wilayah tersebut sudah langganan. Dia berharap pemerintah Kota Tangerang bisa mengatasi persoalan tersebut dan melakukan normalisasi kali Angke.

 

“Ia kalau bisa kalinya di normalisasi, biar kalau ada kiriman air dari Bogor, airnya tidak meluap ke rumah,” jelasnya. (Iqbal/Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *