Soal Rangkaian Peringatan Harlah Pancasila, Kesbangpol Kota Tangerang Didemo

oleh -3 Dilihat
Kaban Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto temui massa aksi Fortang. (Fokuspembaca.com)

Fokuspembaca.com, Tangerang – Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Forum Aktivis Tangerang Raya (Fortang) berunjuk rasa di depan Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang, Rabu (5/6/2024).

Aksi tersebut dilakukan atas kegagalan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kota Tangerang tersebut, dalam memaknai Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2024 lalu.

Selain gagal dalam memaknai Harlah Pancasila, Kesbangpol Kota Tangerang juga dituding gagal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai OPD yang melakukan pembinaan terhadap masyarakat, diantaranya Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat, serta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda.

Meski dalam aksi tersebut, massa demonstrasi dihadang oleh Ormas. Masa aksi tetap terus menyuarakan tuntutan dan berhasil memberikan tutuntan tersebut ke Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto di depan kantornya.

Kordinator Lapangan Aksi, Taher mengatakan, pihaknya menyuarakan tuntutan atas kegagalan Kaban Kesbangpol Kota Tangerang dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Lantaran OPD tersebut, dalam pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila dinilai gagal.

“Upacara peringatan Harlah Pancasila seharusnya ramai dengan organisasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakat Pemuda. Tapi yang terlihat dan hadir pada acara tersebut hanya segelintir saja,” tegas Taher.

Taher melihat Kesbangpol Kota Tangerang gagap dalam melakukan peringatan Harlah Pancasila. Sebab, OPD itu melakukan konser yang diundang band papan atas Indonesia.

“Ko Kesbangpol jadi Event Organizer [EO]. Bukan melakukan pembinaan terhadap masyarakat atas peringatan Pancasila ini. Malah hanya buat konser yang sebenarnya bukan tugas dan fungsi dari Kesbangpol. Ini bukti Kepala Badan Kesbangpol tidak becus dalam menjalankan fungsi dan tugasnya,” ketusnya.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto mengatakan, setiap elemen masyarakat yang ada di Kota Tangerang berhak menyampaikan aspirasi, jika memang ada kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah kurang tepat.

“Siapa pun itu, elemen masyarakat punya hak untuk menyampaikan aspirasi, kalau ada kegiatan pokok pemerintah yang dianggap kurang pas,” tegas Teguh.

Masih di lokasi sama, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Tangerang Tono Darussalam megapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh massa aksi Fortang.

“Saya mewakili Pemuda Pancasila tentu sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh kawan-kawan Fortang. Apapun yang menjadi pertanyaan, persoalan kami ikut mendukung, karena ini untuk masa depan,” ujar Tono.

Tono juga berharap kepada media, aktivis dan ormas-ormas lain yang ada di Kota Tangerang bisa terus bersinergi.

“Tetutu saya berharap kepada rekan-rekan media dan aktivis, juga ormas lain bisa terus bersinergi untuk membangun Kota Tangerang kedepan lebih maju,” pungkasnya.

Diketahui, Harlah Pancasila pada 1 Juni 2024, Badan Kesbangpol menggelar upacara di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang, yang dihadiri hanya sebagian lembaga Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan tidak semua Lembaga Swadaya Masyarakat atau organisasi masyarakat.

Selain upacara itu pun, Badan Kesbangpol menggelar konser di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada malam 1 Juni 2024, yang tampil Band Netral dan Band lokal yang ada di Kota Tangerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.