Ramai Warga Pinang Tangerang Arak Bedug Keliling Sambut Ramadhan 1445 H

oleh -13 Dilihat

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 hijriyah tahun 2024 masehi, Forum Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menagadakan arak-arakan pukul bedug keliling.

Arak-arakan pukul bedug keliling ini berlangsung mulai dari depan Kantor Kecamatan Pinang, dan dipawai berkeliling di perkampungan warga sekitar wilayah tersebut.

“Kegiatan ini yang dilakukan oleh OKP dan Ormas memang dilaksanakan setiap tahun menjelang bulan suci ramadhan, dalam menjaga ketertiban daan keamanan wilayah, ” ujar Kapolsek Pinang Iptu Diana Aldini Putri saat ditemui, Minggu (3/2/2023).

Diana mengatakan, kegiatan arak-arakan pukul bedug keliling ini diikuti sekitar 30 forum OKP dan Ormas se-Kecamatan Pinang.

“Kurang lebih ada sekitar 30-an, baik itu yang tergabung dari latar belakangnya keagamaan, olahraga dan juga pemuda itu tergabung dalam OKP dan Ormas di Kecamatan Pinang, ” ucapnya.

Dianya menjelaskan bahwa gabungan forum ini telah berkolaborasi dengan Polsek Pinang dalam pelaksanaannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya sepanjang kegiatan pawai pukul bedug keliling saja, tetapi juga berkolaborasi menjaga keamanan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan 2024.

“Ini juga tentunya yang kita inovasi dari mereka untuk berkolaborasi dengan Polsek Ponang dalam mencegah hal hal yang tidak diinginkan selama bulan Suci Ramadhan, seperti adanya perang sarung anak-anak maupun yang menggangu ketertiban lainya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Forum OKP dan Ormas Kecamatan Pinang Saiful Basri menyebut, acara yang sudah berjalan selama 2 tahun ini kembali diselenggarakan di tahun 2024. Menggunakan berbagai atribut masing-masing peserta parade mengarak bedug berkeliling.

“Kegiatan ini juga dalam upaya menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dalam bingkai persaudaraan khususnya OKP dan Ormas ke-kecamatan Pinang, Kota Tangerang,” katanya.

Ada sebanyak 40 OKP dan Ormas yang tergabung dalam forum tersebut. Menurutnya, Kegiatan rutin ini dikhususkan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“Mari kita ciptakan suasana yang kondusif di bulan puasa. Sama-sama saling menghargai dan Kita berharap kegiatan ini tidak hilang dan terus berlanjut dari tahun ke tahun, menjadi kebiasaan masyarakat kecamatan pinang Kota Tangerang,” pungkasnya. (Iksan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *