Penjelasan Arief dan Sachrudin Soal Banjir di Kota Tangerang

oleh -0 Dilihat

Fokuspembaca.com – Hujan lebat yang mengguyur Kota Tangerang pada Sabtu Sore hingga Minggu dini hari (10/9) mengakibatkan sejumlah wilayah terdampak banjir.

Salah satunya wilayah di Komplek Cantiga RW 05 Kelurahan Petir Kecamatan Cipondoh yang terdampak akibat limpasan debit air tinggi aliran kali Angke yang masuk melalui saluran air sehingga berimbas ke permukiman warga.

“Karena debit air tinggi, limpasan airnya berbalik masuk lewat saluran air ke permukiman warga,” ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau lokasi banjir.

“Saya sudah koordinasikan agar PU bisa segera membuat pintu air agar meminimalisir limpasan air ke pemukiman,” kata Arief.

Di lokasi banjir itu, Arief didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng W, dan Camat Cipondoh Rizal Ridhollah.

Sedangkan Wakil Wali Kota Sachrudin juga meninjau lokasi banjir di Komplek Pinang Griya Permai, Pinang dan Ciledug Indah 1, Karang tengah yang juga terdampak akibat rusaknya tanggul akibat tidak bisa menahan debit air yang tinggi.

“Sudah kita upayakan dengan membangun kisdam sementara sepanjang 10 meter dan Alhamdulillah dari siang tadi sudah surut,” kata Sachrudin.

“Personil juga masih kita siagakan begitu juga dengan posko kesehatan serta dapur umum untuk membantu warga yang terdampak,” imbuhnya.

Terkait tanggul jebol, Kepala Dinas PUPR Ruta Ireng W, menjelaskan bahwa Kisdam yang saat ini dibangun hanya sebagai kisdam sementara. Kedepan direncanakan akan dibangun kisdam permanen.

“Akan dibangun yang permanen, dan sudah dalam proses lelang,” katanya.

“Posisi tanggul jebol ini diwilayah tikungan, jadi arusnya cukup deras, maka akan kita bangun Bronjong sebagai pemecah arus,” pungkas Ruta.

Pemkot Tangerang bersama BPBD, PUPR, OPD terkait beserta relawan bencana gerak cepat menanggulangi wilayah terdampak banjir.

Hingga sore ini (11/9/2022) sejumlah titik sudah mulai surut diantaranya Jalan Galeong, Margasari Karawaci, Jalan MH Thamrin Cikokol, Ciledug Indah 1, Komplek Duren Vila Karang Tengah, Komplek Pinang Griya Permai, Gondrong Ciledug dan beberapa wilayah lainnya.

Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144. (Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.