Pemkot Tangsel Siapkan Dana Bantuan Kerohanian Petugas Ad Hoc Pemilu 2024 Senilai Rp 2 M

oleh -6 Dilihat

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan telah menyediakan dana bantuan rohani bagi para petugas penyelenggara ad hoc yang meninggal dunia saat bertugas dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. Kata dia, dalam penyediaan anggaran tersebut pihaknya telah mencatat sebelumnya yang dimana para petugas penyelenggara bekerja hingga larut dalam menghitung surat suara pemilihan.

“Kita kan punya program santunan kematian, pada musim lalu 2019 di Kota Tangsel puluhan petugas ad hoc meninggal dunia. Dimana para petugas diperkirakan bekerja hingga dini hari. Tapi kami punya solusi, alhamdulillah semua pegawai dari Bawaslu, KPU, ” ujar Benyamin saat di jumpai pada Rabu (24/1/2024).

Benyamin mengatakan, pihaknya telah menyediakan dana santunan kematian tersebut sebesar Rp. 4 juta per orang. Dimana, hal itu tercatat sejak tahun 2021 hingga 2022.

Oleh karena itu, kata dia, dari total anggaran kematian tersebut di konversikan menjadi BPJS ketenagakerjaan.

“Kita punya program santunan kematian sudah 2 tahun anggaran, itu kalau yang meninggal warga Tangsel Rp 4 juta, ” ucap Benyamin.

“Anggaran total itu mau di konversikan menjadi BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja yang rentan, termasuk di dalamnya para pegawai ad hoc pemilu. Mereka masuk kepada pegawai rentan yang bekerja dalam jam kerja tinggi, ” sambungnya.

Kemudian Benyamin menambahkan, dari total anggaran kematian itu pihaknya telah menyiapkan kurang lebih Rp 2 milyar. Namun, pemerintah tidak dapat memberikan jaminan perlindungan kepada petugas pemilu untuk BPJS ketenagakerjaan.

“Sebab, pegawai ad hoc ini bahkan merupakan personel yang digaji oleh pemerintah daerah sehingga tidak dapat di cover oleh BPJS. Karena ini programnya untuk disiapkan setahun, mereka kan bekerja untuk berapa bulan saja, ” jelas Benyamin. ADV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.