Pemkot Tangsel Serahkan Laporan Keuangan Unaudited 2023 ke BPK RI Perwakilan Provinsi Banten

oleh -15 Dilihat

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan bukti komitmen dalam pengelolaan keuangan daerah dengan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Banten.

Penyerahan ini dilakukan oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Dede Sukarjo, di Kantor BPK tersebut pada Jumat (08/03/2024).

Benyamin Davnie menyampaikan, penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 merupakan wujud pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan sesuai dengan amanat Undang-Undang No.17 tahun 2023 tentang keuangan negara.

“Khususnya pasal 10 yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah wajib menyusun laporan keuangan pemerintah daerah sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa hal ini merupakan bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, memberikan informasi kepada pemangku kepentingan mengenai posisi kas, kewajiban, dan kekayaan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

“Serta sebagai bahan evaluasi untuk menentukan suatu kebijakan yang akan datang,” tambahnya.

Benyamin Davnie berharap LKPD unaudited ini telah disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), bebas dari kesalahan yang material dalam pos-pos keuangan, dan telah mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Berkaca pada hasil opini pada LKPD sebelumnya, Pemkot Tangsel selalu berkeinginan dan berkomitmen kuat untuk berproses ke arah yang lebih baik di tengah dinamika perubahan peraturan dan sistem,” terang Benyamin.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Banten, Dede Sukarjo, mengapresiasi Pemkot Tangsel sebagai Pemerintah Daerah kedua di Provinsi Banten yang telah menyerahkan LKPD Unaudited 2023.

“Untuk Kabupaten Kota di Banten ini yang kedua, kemarin dari Kabupaten Serang, hari ini dari (Pemkot) Tangsel,” ucapnya.

Dede Sukarjo yakin bahwa penyusunan LKPD Unaudited dapat berjalan cepat berkat sistem yang ada di Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

“Ini bukti komitmen Pak Wali beserta jajaran memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Dede Sukarjo.

Dede juga menambahkan bahwa SDM di Pemkot Tangsel juga berkontribusi besar dalam kelancaran penyusunan laporan keuangan.

“Tentu karena penyusunan ini disusun berdasarkan sistem, pasti sistemnya sudah berjalan dengan baik. Untuk itu kami mengucapkan apresiasi sehingga bisa disampaikan siang ini,” tutupnya. ADV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.