Pemkot Tangerang Koalahan Tangani Kebakaran TPA Rawa Kucing, BNPB Akan Turunkan Helikopter Waterbombing

oleh -2 Dilihat
Kebakaran di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang. (Iksan/Fokuspembaca.com)

Fokuspembaca.com – Dua hari, kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing masih berkobar. Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) rencananya akan menerjunkan helikopter waterbombing untuk bisa membantu memadamkan api di tempat pembuangan akhir milik Kota Tangerang ini.

Diketahui TPA Rawa Kucing merupakan tempat pembuangan akhir sampah yang ada di kawasan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Taangerang. Tempat ini menjadi tempat satu – satunya yang digunakan Pemkot Tangerang untuk menampung sampah sebanyak 1500 ton perharinya.

Namun, pada Jumat 20 Oktober 2023 kemarin puluhan hektare lahan sampah di tempat ini terbakar. Kebakaran juga meluas lantaran angin kencang dan juga cuaca ekstrem yang menyebabkan sampah menjadi kering dan mudah terbakar.

Fokuspembaca.com

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan kebakaran tempat pembuangan sampah yang kembali terjadi ini membuat berbagai pihak turun tangan untuk menanggulanginya.

“Merujuk laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB yang dikeluarkan Sabtu (21/10) pukul 06.00 WIB. Penyebab kebakaran masih ditelusuri, tetapi cuaca ekstrem dan panas yang sangat terik membuat tumpukan sampah plastik menjadi sangat mudah terbakar. Diperkirakan sekitar sepuluh hektare lahan TPA terbakar dan hingga kini api masih terus membara di lokasi,” kata BNPB dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Muhari rencananya BNPB akan mengirimkan satu unit helikopter waterbombing yang akan direposisi dari helikopter yang sedang bertugas di Jambi, untuk mempercepat proses pemadaman.

“Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, BPBD Kota Tangerang bersama tim gabungan langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman darat, sebanyak 36 unit pemadam kebakaran dan sekitar 450 orang terlibat dalam proses pemadaman,” tegasnya. (Mhd/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.