Paling Panas Seminggu Terakhir, Suhu di Semarang dan Majalengka Capai 38 Derajat Celcius

oleh -0 Dilihat

Fokuspembaca.com – Semarang dan Majalengka menjadi wilayah dengan suhu panas tertinggi di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari data hasil pengataman suhu maksimum yang terukur selama periode tanggal 22-29 September 2023 di Indonesia.

“Suhu maksimum tertinggi selama periode tersebut ada yang mencapai hingga 38.0 derajat Celcius yang terukur di Kantor Stasiun Klimatologi Semarang, Jawa Tengah,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resminya, Sabtu (30/9/2023).

Suhu maksimum tertinggi di Semarang yang mencapai 38.0 derajat Celcius itu terjadi pada tanggal 25 dan 29 September 2023.

Selain di Semarang, suhu panas mencapai angka tersebut juga terukur di Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka, Jawa Barat pada tanggal 28 September 2023.

Guswanto menjelaskan, secara umum fenomena suhu panas terik yang terjadi ini dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer.

Beberapa di antara pemicu tersebut adalah kondisi cuaca cerah, pertumbuhan awan, pergerakan semu matahari hingga periode peralihan musim.

Saat ini kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia terutama di Jawa hingga Nusa Tenggara didominasi oleh kondisi cuaca yang cerah dan sangat minimnya tingkat pertumbuhan awan terutama pada siang hari.

Kondisi ini tentunya menyebabkan penyinaran matahari pada siang hari ke permukaan bumi tidak mengalami hambatan signifikan oleh awan di atmosfer, sehingga suhu pada siang hari di luar ruangan terasa sangat terik.

Guswanto mengingatkan agar masyarakat sigap menjaga diri karena kondisi cuaca panas terik ini masih bisa terjadi dalam sebulan ke depan.

“Kondisi fenomena panas terik ini diprediksikan masih dapat berlangsung dalam periode oktober ini, mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari,” jelasnya. (Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *