Naik 6 Kali Lipat, SPKLU PLN di Banten Catat 1.200 Transaksi saat Mudik Lebaran 2024

oleh -6 Dilihat
Rudi, pemudik pengguna mobil listrik yang memanfaatkan layanan SPKLU di Pelabuhan Merak untuk mengisi daya baterai kendaraannya saat momen arus balik Lebaran 2024. (Istimewa)

Fokuspembaca.com, Tangerang – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi di 51 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN yang tersebar di 31 titik lokasi wilayah Banten sejak 3 April hingga 19 April 2024 atau selama masa mudik Lebaran 2024.

Tercatat lebih dari 1.200 transaksi di SPKLU PLN Banten atau rata-rata 69 kali transaksi per harinya. Jumlah ini meningkat enam kali lipat jika dibandingkan pada tahun 2023 yang hanya mencapai 186 transaksi saat mudik lebaran.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis mengungkapkan bahwa di momen lebaran tahun ini semakin banyak pemudik yang memilih menggunakan mobil listrik, sehingga konsumsi daya SPKLU PLN mencapai 26.299 kWh (_kilowatt hour_) pada periode 3 hingga 19 April 2024.

“Dengan melihat angka konsumsi daya SPKLU yang meningkat tinggi, akan menambah semangat kami PLN UID Banten untuk menambah ketersediaan SPKLU di wilayah Provinsi Banten. Total saat ini berjumlah 31 titik lokasi dan 1 unit SPKLU mobile, khususnya di jalur mudik tol Jakarta menuju Pelabuhan Merak terdapat SPKLU di _Rest Area_ KM 13.5A, KM 43, KM 68A, dan di Pelabuhan Merak. Sementara dari arah sebaliknya terdapat SPKLU di _Rest Area_ KM 45 dan 68B. PLN Banten juga menyediakan posko siaga dengan berbagai fasilitas sebagai tempat istirahat bagi para pemudik sembari menunggu daya mobil listriknya terisi penuh,” jelas Abdul Mukhlis.

Adapun untuk lokasi SPKLU dapat diakses melalui menu _Electric Vehicle_ pada aplikasi PLN Mobile. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur _Trip Planner_ yang dapat digunakan untuk mengatur perjalanan mobil listrik. Pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan, yang secara otomatis akan diberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

Abdul Mukhlis menambahkan, saat mudik lebaran kemarin PLN UID Banten juga menyiapkan 60 posko siaga kelistrikan Hari Raya Idul Fitri dengan total 1.368 personil yang siap membantu pengguna mobil listrik saat melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik bisa semakin nyaman.

“Tahun ini menjadi pengalaman luar biasa bagi kami PLN Banten dan juga menjadi pengalaman manis bagi pengguna mobil listrik. Kami yakin dengan pengalaman hebat di tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pengguna mobil listrik yang mudik menggunakan kendaraan listriknya,” tutup Abdul Mukhlis. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.