Menkes Budi Gunadi Dapat Suntikan Perdana Vaksin Hepatitis B di RSUD Kabupaten Tangerang

oleh -0 Dilihat

 

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunardi Sadikin mendapatkan suntikan perdana vaksin Hepatitis B di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang pada Rabu (8/11/2023).

Hal tersebut yaitu dalam langkah sosialisasi vaksinasi kepada 300 ribu tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Program imunisasi untuk tenaga kesehatan pertama di Indonesia tersebut diikuti secara hybrid oleh provinsi lainya juga.

“Saya juga baru sadar kalau saya itu belum di imunisasi Hepatitis B, jadi kebetulan ini kita lakukan secara nasional tenaga kesehatan kita,” ujar Budi Gunardi di RSUD Kabupaten Tangerang kepada awak media, Rabu.

Budi mengatakan bahwa para tenaga kesehatan dan juga tenaga medis perlu melakukan vaksinasi Hepatitis B. Sebab, para tenaga medis tersebut sangatlah rentan tertular penyakit.

“Nakes dan tenaga medis menerima vaksin Hepatitis B serentak, mulai dari hari ini hingga selesai, ucapnya.

Budi menjelaskan, jika seseorang yang sudah terpapar penyakit bisa menyebabkan paparan penyakit lain.

Lebih lanjut, kata dia, penyakit itu bisa saja misalnya sirosis, jika tidak dilakukan perawatan bisa berdampak lebih parah menjadi kanker, sehingga berkaitan dengan penyakit hati yang merupakan penyakit memakan waktu lama.

“Ini penyakit kronis, lama, bukan akut. Kalau lama ini masih bisa dicegah,” sebutnya.

Menurutnya, walaupun penyakit tersebut terbilang tidak akut dan kronis namun bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia dan hal tersebut masih bisa dapat dicegah dengan cara melakukan imunisasi.

“Paling bagus dicegahnya (penyakit Hepatitis B) dengan cara imunisasi. Karena kanker hati itu angka kematiannya nomor dua dari penderita kanker. Jadi banyak sekali yang meninggal karena kanker hati,” tuturnya.

Meskipun begitu, diketahui vaksinasi atau imunisasi jenis ini memang sudah diberikan kepada bayi yang dikasih sejak 24 jam waktu dari kelahirannya.

“Karena sebenarnya ini sudah jalan yakni jenis HB 0, HB 1 , 2 dan 3, sehingga harapan bisa terbebas dari dari Hepatitis B,” sebutnya.

Lebih lanjut, Budi mengklaim bahwa vaksinasi yang dilakukanya saat ini baru saja dimulai. Diharapkannya sejumlah tenaga kesehatan seluruh Indonesia dapat divaksinasi Hepatitis B.

“Itukan sudah berapa ratus ribu, mungkin di atas 300 tenaga kesehatan,” jelasnya.

Pantauan fokuspembaca.com, dalam sosialisasi serta penyuntikan perdana yang dilakukan oleh Menkes di RSUD Kabupaten Tangerang ini turut di hadiri oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dan beberapa jajaran terkait lainya. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *