Masyarakat Berbondong-bondong ke Terminal Poris, Hindari Kenaikan Harga Tiket Mudik

oleh -3 Dilihat

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Terminal Poris, Kota Tangerang telah menjadi pusat perhatian para pemudik. Kehadiran sejumlah besar calon penumpang bus di terminal tersebut bukanlah hal yang mengherankan.

Para pemudik ini sengaja memilih untuk berangkat lebih awal guna menghindari kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi di musim mudik, serta untuk mengelak dari kenaikan harga tiket yang tak terelakkan.

Salah satu penumpang, Okta, yang hendak menuju Padang, Sumatera Barat menyatakan alasannya untuk berangkat mudik lebih awal.

“Mau ke Padang, milih mudik lebih awal karena satu takut lalu lintas padat, terus harga tiket juga mahal. Kebetulan saya ambil mudik. Hari ini karena tiket berangkat bus ada hanya sisa di sekarang aja. Karena tiket pas mau lebaran udah pada kosong, ” ujar Okta di terminal poris kepada fokuspembaca.com, Jum’at (29/3/2024).

Okta akan menggunakan armada Bus Anas Nasional Sejahtera (ANS) yang berangkat pada pukul 13.00 WIB. Meski melakukan mudik lebih awal, Okta mengaku telah membeli tiket dengan harga normal, yakni Rp. 450.000. Namun, ia tak bisa menghindari fakta bahwa biasanya harga tiket akan mengalami kenaikan menjelang Idul Fitri.

“Kalau untuk sampai bulan ini masih normal sih belum ada kenaikan, nanti pas tanggal 1 April biasanya udah mulai naik, ” tuturnya.

Pengalaman serupa dialami oleh Asrofi, seorang pemudik yang akan menuju Kudus, Jawa Tengah. Sebelum kenaikan harga, Asrofi membeli tiket bus hanya seharga Rp. 270.000. Namun, setelah kenaikan, harga tiket naik hingga Rp. 370.000. Hal ini membuatnya memutuskan untuk berangkat lebih awal guna menghindari kenaikan harga tiket yang terus melonjak.

“Sudah ada kenaikan tadi saya beli (tiket) sudah sekitar Rp. 100.000 (kenaikan), sebelumnya Rp. 270.000, sekarang pas udah Rp. 370.000. Nanti pasti bertahap naik terus. Yang udah saya rasain, ” ungkapnya.

“Makanya lebih milih pulang lebih awal menghindari kenikan tiket yang terus melonjak, terus juga biar jalan lancar engga terlalu macet lalu lintas,” imbuhnya. (Iksan)

Dengan datangnya para pemudik lebih awal, terminal Poris dan berbagai terminal lainnya di seluruh Indonesia diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan penumpang yang lebih besar menjelang Idul Fitri nanti.

Meski demikian, kenaikan harga tiket masih menjadi perhatian utama bagi para pemudik yang berupaya untuk merayakan hari besar tersebut bersama keluarga tercinta. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.