Tak Jera! Masih Ada Truk Sampah Bongkar Muat di TPA Liar Pondok Ranji

oleh -2 Dilihat
Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) liar yang berada di jalan Nusa Jaya, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan diklaim sudah tutup. Meski begitu aktivitas bongkar muat sampah masih ada. (fokuspembaca.com/Iksan)

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) liar yang berada di jalan Nusa Jaya, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan diklaim sudah tutup. Meski begitu masih ada saja, aktivitas bongkar muat sampah di sana hingga hari ini.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan mengklaim bahwa pihaknya telah menutup permanen TPA liar di Pondok Ranji itu.

Namun, ternyata aktivitas pembuangan sampah di TPA liar itu masih terus dilakukan hingga saat ini.

Seperti yang terpantau oleh fokuspembaca.com Minggu (8/10/2023) siang, terlihat satu truk besar yang tertutup terpal biru datang memasuki kawasan TPA liar itu.

Saat dilihat lebih teliti lagi, ternyata truk dengan terpal biru itu merupakan truk pembawa sampah yang sengaja akan melakukan bongkar muat di dalam TPA liar itu.

“Masih aktivitas tiap hari, dua sampai tiga truk bahkan lebih ada aja yang masuk. Hari ini aja udah ada dua truk masuk bawa sampah dari pagi,” ujar Amang, seorang penjaga makam yang berada tepat di seberang TPA liar itu, Minggu.

Amang menduga sepertinya pola aktivitas para pekerja yang biasa bongkar muat sampah di TPA liar tersebut sudah diatur sedemikian rupa.

Dengan begitu meskipun mendapat larangan dari pihak berwenang, kata dia, truk-truk pengangkut sampah itu memang tidak akan terlihat saat kondisi di lokasi sedang ramai.

“Ya itu mah udah ada yang ngabarin (mengatur aktivitas di TPA), jadi kalau lagi rame di suruh berhentu dulu di mana gitu jangan masuk (truk bawa sampah it). Nanti kalau udah sepi baru dikabarin nyuruh masuk, jadi di sini kayaknya ada yang ngasih tahu dulu,” ujarnya.

Beberapa hari lalu, Kepala DLH Tangerang Selatan Wahyunoto menegaskan bahwa aktivitas di TPA liar Pondok Ranji itu sudah ditutup secara administrasi.

Pihaknya juga menegaskan bahwa jika TPA liar tersebut kembali beroperasi, maka bisa dilakukan sanksi tindak pidana terhadap pelanggaran tersebut. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.