Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

oleh
Pohon sirih dok Net.

Fokuspembaca.com – Siapa yang tidak kenal dengan sirih, tanaman merabat berdaun menyerupai hati berwana kekuningan ketika masih muda dan hijau gelap ketika tua. Tanaman ini memang terlihat biasa, bahkan seperti benalu. Namun, banyak khasiat yang terkandung di dalamnya.

Daun sirih atau paan begitu sebutan bagi masyarakat India. Daun sirih cukup terkenal dan umum digunakan di Negara Bollywood tersebut. Selain untuk penyegar mulut alami, daun ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya bagi pengidap penyakit kencing manis. Berbagai vitamin dan mineral penting bekerja dengan mengatur kadar glukosa darah. Selain itu, nutrisi tersebut juga berperan dalam meningkatkan kinerja hormon insulin.

Jenis tanaman herbal ini juga mengandung senyawa antikanker dan antimutagenik yang dapat menurunkan risiko kanker. Tak ketinggalan, sifat antimikroba yang dapat melindungi diri dari infeksi jamur dan bakteri.

Baca Juga:  Buntut Ricuh Konser Musik di Tangerang, Polisi Bakal Periksa Panitia Penyelenggara

Daun sirih mengandung berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh, mulai dari yodium, vitamin A, kalium, Vitamin B1, B2, dan asam nikotinat. Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri, gula, pati, fenil propana, terpennena, estragol dan kavicol.

Nutrisi inilah yang mampu memaksimalkan fungsinya dalam mendukung kesehatan. Selain itu, tanaman herbal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu sirih merah dan hijau. Namun, keduanya sama-sama menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk:

Mengatasi Bau Badan

Sifat antimikroba dan antiseptik daun sirih dapat faktanya juga efektif untuk membantu mengurangi bau badan.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Dalam meningkatkan kesehatan mulut, daun sirih bekerja dengan mengurangi pertumbuhan bakteri. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat melindungi rongga mulut dari munculnya karies gigi. Caranya dengan mengurangi jumlah asam yang terbentuk dari air liur bakteri.

Baca Juga:  Persiapan Porprov, Pemkot Tangerang Tunjuk Kepala OPD dan BUMD Sebagai Bapak Angkat Cabor

Mencegah Diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Tanaman herbal ini mengandung molekul aktif yang bernama tanninsi yang memiliki sifat antidiabetes.

Selain itu, alkaloid dalam sirih juga dapat menurunkan kadar glukosa darah. Senyawa tersebut bekerja dengan menghambat penyerapan glukosa pada usus.

Dengan begitu, risiko penyakit kencing manis pun bisa berkurang. Akan tetapi, tentu masih perlu studi lanjutan tentang efektivitas tanaman tersebut pada manusia.

Obat Alternatif Untuk Radang Prostat

Tak sedikit orang meyakini kalau jenis sirih berwarna merah dapat menjadi obat alternatif untuk kondisi radang prostat.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan saponin dan tanin serta senyawa hydroxychavicol yang dapat memulihkan sel pada kelenjar prostat sehingga bisa berfungsi normal.

Baca Juga:  Hendak Tawuran dan Live Instagram, 16 Remaja Bersajam Ditangkap Polisi

Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi pada dokter sebelum memakai tanaman herbal ini untuk mengatasi peradangan pada prostat.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Terhambatnya proses penyembuhan luka jadi salah satu masalah yang sering terjadi pada pengidap penyakit kencing manis.

Studi dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan, sirih memiliki sifat antidiabetes, antioksidan dan antimikroba.

Hasilnya, setelah tujuh hari menggunakan sirih, luka mengalami perbaikan yang signifikan. Tanaman herbal ini bekerja dengan menurunkan stres oksidatif dalam tubuh yang memengaruhi proses penyembuhan luka.

Mengurangi Nyeri Haid

Air rebusan sirih juga mampu mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan pada tanaman tersebut. Supaya manfaatnya maksimal, bisa merebus sirih bersama kunyit.

Tanaman rempah tersebut mengandung kurkumin yang bersifat antiradang, sehingga rasa nyeri lebih cepat mereda.

DBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.