Manfaat Daun Mangkokan Bagi Kesehatan dan Cara Penggunaannya

oleh
Daun Mangkokan. (Fokuspembaca.com/Putra)

Fokuspembaca.com – Phaleria Macrocarpa atau yang dikenal masyarakat daun mangkokan ragam khasiat dan banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun mangkokan juga dikenal dalam pengobatan tradisional, karena kandungan senyawa bioaktifnya yang memiliki sifat antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, antiinflamasi, dan antikanker.

Kandungan senyawa bioaktif seperti flavonoid dan polifenol dalam daun mangkokan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan.

Berikut manfaat lain dari daun mangkokan:

Mengatasi lemah dan lesu

Manfaat daun mangkokan tidak hanya bisa mengatasi infeksi dan peradangan, namun jua bisa mengatasi lemah dan lesu akibat kekurangan darah.

Baca Juga:  Piala Uber 2022, Tunggal Putri Indonesia Libas Ranking 1 Dunia

Manfaat daun mangkokan ini diperoleh karena kandungan falavanoid, saponin, serta alkaloid yang bisa mengatasi lemah dan lesu.

Memperlancar sistem pencernaan

Daun mangkokan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik apabila dikonsumsi karena dapat mencegah sembelit atau kesulitan buang air besar, diare, dan mengobati buang air kecil yang tidak lancar.

Sehingga, terdapat manfaat daun mangkokan untuk lambung karena mengandung serat. Mengonsumsi daun mangkokan untuk mendapatkan manfaatnya dapat dengan cara direbus, ditumis, dan dimakan sebagai lalapan.

Mengatasi Bau Keringat

Daun mangkokan bisa membantu mengatasi bau keringat tidak sedap. Untuk merasakan manfaat daun mangkokan tersebut, rebus 13 gram daun mangkokan segar dengan tiga gelas air sampai mendidih.

Baca Juga:  2 Pemuda Pelaku Pungli Mengatasnamakan Katar dan DKM Masjid di Tangsel Ditangkap

Lalu, tuang dalam gelas dan minum air rebusan daun mangkokan tersebut. Untuk mendapatkan manfaatnnya secara optimal maka konsumsilah rebusan daun mangkokan sebanyak dua kali sehari.

Mengobati sariawan

Dikutip dari laman Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Universitas Medan Area, daun mangkokan juga berkhasiat untuk mengobati sariawan.

Secara umum sariawan disebabkan sebab banyak sekali hal, seperti terinfeksi virus atau jamur, kekurangan vitamin, alergi terhadap makanan hingga ketika seseorang dalam keadaan stres.

Salah satu cara mengatasi sariawan secara alami yaitu dengan memakai daun mangkokan. Daun mangkokan memiliki sifat anti-inflamasi yg bisa merdakan sariawan.

Baca Juga:  Peningkatan Kasus DBD di Tangerang, Berikut Langkah Pencegahannya

Cara menggunakan daun mangkokan untuk mengatasi sariawan, yaitu tumbuk daun mangkokan hingga halus. Lalu oleskan pada pengecap atau bibir yang terkena sariawan.

Membantu mengobati luka

Manfaat daun mangkokan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengeringkan luka. Daun mangkokan juga bisa mencegah munculnya infeksi pada luka.

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengobati luka adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan. Lalu, dikompres dan direkatkan pada bagian tubuh yang mengalami luka.

DBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.