Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adakan Baksos MLKS di Desa Cinagara Kabupaten Bogor

oleh
Pembukaan kegiatan Baksos MLKS Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Fokuspembaca.com/Istimewa)

Fokuspembaca.com, Jawa BaratMahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Syariah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan bakti sosial Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) di Desa Cinagara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mengusung tema “Melangkah Bersama Keuangan Syariah, Membangun Kemandirian Ekonomi”. Kegiatan tersebut dibuka pada Jumat 7 Juni 2024 lalu.

Ketua pelaksana BBM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rafi Sya’ban Alfaridzi mengatakan, konsep literasi keuangan syariah mencakup perolehan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang diperlukan untuk membuat keputusan keuangan yang tepat, juga mengelola keuangan secara efektif sesuai dengan prinsip syariah.

“Hal ini lebih dari sekedar pengenalan terhadap lembaga-lembaga keuangan dan penawarannya, namun juga mencakup pemanfaatan praktis dari layanan yang tersedia,” ujar Rafi melalui keterangan tertulis yang diterima Fokuspembaca.com, Kamis 20 Juni 2024.

Rafi menambahkan, literasi keuangan syariah mempunyai arti penting karena berfungsi sebagai kerangka panduan bagi individu dalam mengelola keuangan yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam.

“Bagi setiap umat Islam, penguasaan dan penerapan literasi keuangan syariah bukan hanya dianjurkan melainkan kewajiban,” jelasnya.

Menurut Penasihat Sekolah Alam Pangrango, Jawa Barat, Amin Akkas menyampaikan, bahwa kampung ini adalah kampung marginal, kampung yang tertinggal.

“Kami sangat apresiasi dan bersyukur atas kehadiran mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan adanya bakti sosial ini sangatlah membantu dan memberikan bantuan dan juga edukasi tentang pentingnya literasi keuangan syariah,” ujar Amin.

Semetara itu, Sekretaris Desa Cinagara Uan Maksum dalam sambutanya mengatakan, Bakti Sosial ini sangatlah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat desa, apalagi kegiatan ini melibatkan NGO Internasional.

“Ini sangatlah berguna dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, tentu kami selaku aparatur desa sangat mendukung dengan adanya bakti sosial ini,” ungkap Uan.

Masih di lokasi yang sama, perwakilan Hayrat Foundation Turkiye di Indonesia Bagian Program Hafiz menyampaikan, bahwa berkolaborasi dengan bakti sosial UIN Jakarta ini sangatlah banyak memberikan manfaat.

“Karena dapat membantu kami untuk memberikan pembinaan kepada anak-anak yatim piatu,” kata Hafiz.

Menurut penerima manfaat, Nur Asiyah mengatakan, kampung ini mendapat perhatian dan bantuan, karena memang kampung ini bisa disebut sebagai kampung yang tertinggal, karena kurangnya pendidikan.

“Kegiatan ini merupakan yang positif dan berfaedah, semoga kedepannya jauh lebih baik lagi dan lebih bisa membantu anak yatim untuk lebih mandiri,” ujar Nur.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada 100 anak dhuafa, 75 anak yatim dan yatim-piatu, serta 30 dhuafa dewasa yang dipimpin langsung oleh Rafi Sya’ban AlFaridzi selaku ketua pelaksana panitia Baksos MLKS.

Seusai pelaksanaan kelas bahasa, panitia membentuk 14 kelompok yang disebarkan ke 14 TPA Desa Cinagara untuk membagikan sembako kepada guru-guru di setiap TPA yang dikunjungi. Selain itu, panitia akan membantu para guru TPA dalam membimbing anak-anak cara mengaji yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.