KPU Kota Tangerang: Anggaran Publikasi Penyelenggaran Pilkada 2,8 Miliar Belum Terpakai

oleh
Ketua PKU Kota Tangerang, Qori Ayatullah saat memberi penjelasan soal anggaran Pilkada 2024. (Fokuspembaca.com/Putra)

Fokuspembaca.com, Tangerang – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Qori Ayatullah menyebut anggaran publikasi di media massa untuk penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebesar Rp2,8 miliar dan belum digunakan.

Nominal anggaran tersebut terungkap setelah puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Tangerang (Forwat) menggelar aksi unjuk rasa menuntut transparansi anggaran media pada Kamis 20 Juni 2024 di depan Kantor KPU Kota Tangerang.

Kata Qori, pada tahun 2024 anggaran media itu Rp2,8 miliar dan masih belum terpakai. Sedangakn, pada tahun 2018 secara global hanya Rp1,1 miliar.

“Secara global ditahun 2018 anggarannya sebesar Rp1,1 miliar itu untuk iklan dan Advertorial, juga sebagainya. Sedangkan, untuk tahun 2024 sebesar Rp2,8 miliar, itu belum terpakai dan masih utuh,” ujar Qori di Kantor KPU Kota Tangerang.

Qori menambahkan, bahwa KPU Kota Tangerang mengajukan hibah pada tahun 2022. Karena, pasca Covid dikhawatirkan pemerintah daerah tidak dapat mencukupi kuota tersebut. Maka, seluruh KPU se-Indonesia mengajukan pada tahun yang sama, yakni tahun 2022.

“Tahun 2024 ini pemilunya ini seretak, baik pileg pilpres. Ini prosesnya memang panjang, kalau hibah kita ajukan pada tahun 2022. Kenapa 2022, karena se-Indonesia juga mengajukan ditahun 2022 pasca Covid kepala daerah tidak mampu membayar pada setu tahapan, maka dilakukan pertermin,” ungkapnya.

Qori juga menjelaskan, anggaran di KPU Kota Tangerang pada Pilkada 2024 sebesar 61 miliar dan dibayar secara termin, juga belum terpakai.

“Anggaran Pilkada kita itu 61 miliar dan belum terpakai, maka kalau masih ada sisa anggaran sekian itu tidak benar. Cuma baru terpakai untuk pelantikan Badan Adhoc, mengapa dua termin agar pemerintah daerah biasa mengunci dinominal 61 miliar pasca Covid, anggaplah pembayarannya dicicil,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.