Kota Tangerang Jadi Pelopor Smart City, Diiringi dengan Sederet Prestasi dan Pengakuan Pengamat

oleh -6 Dilihat

Fokuspembaca.com – Tahun ke tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menyempurnakan program Kota Pintar atau Smart City dengan mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk semakin berinovasi dalam memberikan pelayanan publik berbasis digitalisasi.

Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 211 aplikasi. Selain itu, memiliki super aplikasi Tangerang LIVE, super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 32 menu, yang saat ini telah didownload sebanyak 985.002 pengguna.

Ragam prestasi pun terus diraih Kota Tangerang atas transformasi digital yang tak henti dikembangkan. Terbaru, meraih anugerah penghargaan sebagai “Pemerintah Kota Unggul dalam Digitalisasi Tata Kota” di ajang Detikcom Awards 2023. Ini menjadi bukti komitmen serta keberhasilan Pemkot Tangerang dalam mengintegrasikan proses pembangunan tata kelola kota berdasarkan inovasi pengembangan teknologi dan digitalisasi informasi.

“Kota Tangerang ini merupakan daerah yang cukup cepat melakukan transformasi digital. Salah satunya, inovasi pelayanan public dalam bentuk Smart City. Mendekatkan layanan dan masyarakat melalui kemudahan digital,” ungkap Memet Chumaidi, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Menurutnya, Investasi di dalam inovasi Smart City yang dilakukan Pemkot Tangerang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, mendukung pengusaha-pengusaha lokal. Terlebih, mengurangi biaya operasional bagi pemerintah itu sendiri dan juga bagi masyarakat.

“Sekarang dengan adanya Smart City contoh, pemerintah tidak lagi melakukan kegiatan yang memakan biaya besar walaupun dalam Smart City ini pembiayaan di awal agak besar tapi ke sana itu memudahkan. Selain itu juga, masyarakat ada pengurangan biaya operasional juga yang tadi masyarakat harus ke kantor sekarang dengan adanya seperti itu memudahkan cukup dari rumah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti menyatakan prestasi lainnya yang dimiliki Kota Tangerang adalah kota pertama di Indonesia yang telah melaksanakan penganugerahan Satu Data Satu Peta tingkat kota, untuk mendukung percepatan dan perwujudan Tangerang Satu Data Satu Peta. Selanjutnya, penganugerahan ini mampu mendorong adanya regulasi, manajemen pengelolaan, SDM, teknologi, dan standar data yang sama.

“Disisi lain, Kota Tangerang juga menjadi satu-satunya Pemerintah Kota di Pulau Jawa, yang telah memenangkan Bhumandala Ariti pada Bhumandala Award tingkat Nasional 2022 kemarin. Penghargaan ini diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada kategori Simpul Jaringan Informasi Geospasial Terbaik di kelompok Kota,” katanya.(Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.