Kemunculan Buaya Berukuran 4 Meter di Aliran Kali Sabi Cibodas Bikin Geger Warga

oleh -74 Dilihat
Usai viral di media sosial kemunculan buaya berukuran 4 meter di aliran Kali Sabi Cibodas Tangerang, warga ramai menonton dan mencoba melihat-lihat dari pinggir kali, Jumat (12/1/2024). (fokuspembaca.com/Iksan)

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Kemunculan seekor buaya liat di aliran Kali Sabi, Villa Cibodas, Kota Tangerang membuat geger warga. Pasalnya, buaya liat tersebut terlihat mencapai ukuran panjang sekitar 4 meter.

Kemunculan buaya tersebut diketahui oleh salah satu warga yang saat itu sedang memancing. Kemudian, warga yang melihat adanya buaya tersebut kemudian merekamnya dan menyebarkannya di media sosial hingga viral.

Salah seorang warga sekitar bernama Irwan (26) mengatakan, kemunculan buaya liar ke permukaan air terjadi pada sekitar pukul 09.00 WIB, Jum’at (12/1/2024).

“Tadi sekitar jam 9 pagi itu ada warga yang lagi mancing ngeliat itu buaya lagi naik ke permukaan air,” ucap Irwan di lokasi.

Kata Irwan, kemunculan buaya di lokasi tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebab, buaya tersebut pernah menampakan diri di bawah jembatan yang berada tidak jauh dari lokasi.

“Sebelumnya itu pas malam keliatan buaya di bawah jembatan sana (sambil menunjuk lokasi jembatan). Tapi dia ngelem lagi, terus timbul lagi di lokasi yang sekarang, ” katanya.

Oleh karena itu, Irwan sebagai warga mengaku resah dengan adanya buaya liar tersebut. Sebab, banyak anak-anak yang selalu bermain di lokasi aliran kali untuk memancing.

“Resah pasti, kita sebagai warga takut juga karena kan disini banyak warga yang aktivitas juga pada mancing, terutama anak-anak juga, ” jelasnya.

Irwan berharap kepada petugas terkait dapat segera menangkap buaya liar tersebut. Sebab, dia merasa takut nantinya timbul korban.

“Berharap si bisa segera ditangkep ya, soalnya kan bahaya takut ada korban nantinya kalo engga buru-buru ditangkep, ” harapnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Periuk, Kamaludin mengatakan, pihaknya telah menerjunkan petugas ke lokasi untuk menyisir kali keberadaan buaya tersebut.

“Personel kami sedang mencar menyisir lokasi kali keberadaan buaya tersebut, ” ujar Kamaludin.

Ia melanjutkan, BPBD Kota Tangerang bersama-sama dengan masyarakat sekitar masih dalam proses pencarian seekor buaya tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima, sampai saat ini keberadaan buaya besar itu masih belum juga ditemukan titik pasti lokasinya.

Oleh karena itu, BPBD Kota Tangerang mengimbau masyarakat sekitar untuk terus waspada dan secara responsif melaporkan kepada petugas bila ditemukan perkembangan situasi lebih lanjut.

“Sampai saat ini masih dalam proses penelusuran lebih lanjut. Namun, kami mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk terus meningkatkan kewaspadaannya, karena dikhawatirkan berada di permukaan, terlebih di tengah musim penghujan seperti ini,” pungkasnya. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *