Kemenkeu Sebut APBN Berperan dalam Misi Perdamaian Dunia

oleh -4 Dilihat
Bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Palestina dari Pemerintah Republik Indonesia telah diterima masyarakat setempat, Rabu (22/11/2023). (fokuspembaca.com/Iksan)

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Sekretaris Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ubaidi Socheh Hamidi mengatakan, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tidak hanya berperan dalam pembangunan masyarakat di tanah air, tetapi juga sangat penting dalam menjalankan misi kemanusiaan dan perdamaian global.

Hal ini disampaikan Ubaidi saat melaporkan perkembangan terkini bantuan kemanusiaan tahap pertama dan rencana tahap kedua dari Indonesia untuk masyarakat di Palestina.

Menurut Ubaidi, APBN dalam hal ini sangat berperan menjadi tonggak upaya kemanusiaan yang sedang diperjuangkan oleh saudara-saudara di Palestina yang sedang berjuang melawan penjajahan Israel.

“Tujuannya memberikan dukungan kepada saudara-saudara kita di Palestina,” kata Ubaidi di Tangerang, Rabu (22/11/2023).

Ia mengungkapkan, dukungan yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Indonesia ke Palestina adalah perwujudan komitmen dalam menjalankan amanat sebagaimana termaktub di dalam konstitusi. Yakni, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu turut serta dalam menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan dan perlengkapan medis senilai US 2 juta dolar untuk warga Palestina.

“Pemerintah telah mengalokasikan bantuan senilai Rp 31,9 miliar atau setara dengan 2 Juta US dolar. Ini melalui pendanaan lembaga dana kerjasama pembangunan internasional atau LDKPI atau Indonesia AID,” ujarnya.

Dia menegaskan, ini adalah wujud nyata dari tanggung jawab pemerintah di dalam mendukung diplomasi melalui kerjasama pembangunan internasional. Termasuk dalam menjalankan misi-misi kemanusiaan yang sifatnya mendesak.

Bantuan kemanusiaan yang masuk dalam tahapan kedua ini telah diterbangkan melalui pesawat carter Lion Air tipe Airbus A330-900 dengan rute direct flight dari Jakarta menuju Bandara El-Arish Mesir.

Pesawat itu, dijadwalkan akan lepas landas pada pukul 04.30 WIB, dan diperkirakan mendarat di Mesir pada hari yang sama pukul 11.00 waktu setempat.

Bantuan akan diserahkan kepada UNRWA (Badan PBB yang bertanggung jawab menangani pengungsi Palestina) melalui Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir), selanjutnya pihak UNRWA akan mendistribusikan bantuan untuk masyarakat Palestina yang terdampak.

“Semoga memberi manfaat dan meringankan beban para korban di Palestina. Kita juga terus berdoa bersama agar saudara-saudara kita di Palestina senantiasa diberikan kekuatan dan mendapatkan perlindungan,” kata Ubaidi. (Iksan/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.