Kebakaran TPA Rawa Kucing Meluas, 10 Bangunan Milik Warga Ikut Ludes Terbakar

oleh -5 Dilihat

 

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Kebakaran yang melanda sebuh Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) Rawa Kucing pada Jumat (20/10/2023) semakin meluas, sedikitnya 10 bangunan yang terdiri dari rumah warga dan lapak dagangan hangus terbakar.

Berdasarkan pantauan fokuspembaca.com bahwa di lokasi kejadian itu sampai sore hari ini pada Sabtu (21/10/2023) masih terlihat api belum sepenuhnya padam. Masih ada bangunan yang terbakar api dan menimbulkan asap.

Selfi (38) salah satu warga sekitar yang menjadi korban mengatakan, dirinya sendiri tidak mengetahui jika rumahnya yang berada di dekat TPA Rawa Kucing itu ikut terbakar.

Dirinya memang mengetahui jika telah terjadi kebakaran TPA Rawa Kucing sejak Jumat (20/10/2023) siang.

Namun, ia tidak menyangka kebakaran itu akhirnya makin meluas sampai hari ini dan percikan apinya justru terbawa angin ke rumah tinggal mereka.

Selfi sendiri, hari ini masuk bekerja seperti biasanya dan tidak mengetahui perkembangan real-time kondisi di rumahnya maupun di sekitar TPA Rawa Kucing secara detail.

“Anak saya kan masih di sekitar rumah lah, saya dapat informasi dari anak saya, katanya rumah (Selfi) kebakaran. Dia (anak Selfi) sempat sama warga lain memadamkan api, tapi api makin besar,” ujar Selfi, Sabtu (21/10/2023).

Selfi menyebutkan, berdasarkan cerita dari anak dan warga lain di sekitar rumahnya itu bahwa kejadian merambatnya kebakaran TPA Rawa Kucing ke puluhan rumah warga ini terjadi begitu cepat hari ini.

Sehingga, keluarga Selfi dan korban lainnya tidak sempat menyelamatkan harta benda dan barang berharga maupun dokumen penting yang berada di dalam rumah mereka itu.

“Engga ada yang selamat, cuma KTP doang sama KK itu yang bisa diselamatkan,” katanya.

Dia pun berharap, atas insiden kebakaran ini pemerintah bisa bertanggung jawab. Sebab, rumah miliknya terbakar akibat imbas dari kebakaran TPA Rawa Kucing tersebut.

“Saya minta dibangun kembali rumah saya,” pungkasnya.

Selain Selfi, korban lainnya bernama Adit (28) mengatakan, kebakaran yang melanda rumah warga akibat adanya percikan material kecil api akibat tertiup angin dari TPA tersebut.

“Sekitar jam 2 siang ini kebakar (rumah warga), ini mungkin dari percikan api (kebakaran TPA Rawa Kucing) yang jatuh ke sini (rumah warga). Soalnya angin kencang tadi,” ujar Adit di lokasi kebakaran.

Adit menyebut pada saat bangunan terbakar beruntung para pemilik sedang tidak berada di rumah.

“(Rumah warga) lagi kosong, soalnya udah pada mengungsi kan,” ucapnya.

Saat api merambat kebagian pemukiman, warga berupaya memadamkan api tersebut dengan menggunakan alat-alat seadanya. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. (Iksan/Ivon)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *