Jorok, Kali Sipon Cipondoh Tangerang Bak Lautan Sampah

oleh -57 Dilihat

Fokuspembaca.com, Kota Tangerang – Kali Sipon di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten berubah bak lautan sampah. Ragam sampah plastik, kayu bersumber dari rumahan dan pedagang itu menumpuk menutupi aliran kali tersebut.

Cecep seorang warga mengungkapkan hamparan sampah yang menumpuk di Kali Sipon disebabkan perilaku masyarakat. Kemudian diperparah sampah sudah sepekan lebih belum diangkut petugas dinas terkait.

“Biasanya sih suka diangkut sama petugas. Tetapi ini sudah hampir seminggu lebih sampah nggak diangkut-angkut,” kata Cecep di lokasi Kali Sipon Cipondoh, Rabu (24/1/2024).

Dia menyebutkan sampah-sampah tersebut umumnya dibuang sembarangan oleh pedagang pasar yang ada disekitar area Kali Sipon Cipondoh. Akibatnya, aliran air menjadi tersumbat.

“Ia kebanyakan sampah-sampah pedagang di sana, kan kemarin hujan gede, jadi pada kebawa air di sini nyangkut pas itu ada batang bambu, akhirnya air jadi mampet,” ujarnya.

Cecep mengaku terganggu dengan kondisi tumpukan sampah bau busuk di kali tersebut. Dampah juga dinilai dapat memicu banjir dan menimbulkan sumber penyakit bagi warga setempat.

“Merasa terganggu karena kondisi baunya. Keinginan saya sih sampah diangkut petugas biar bersih lagi gitu, jadi airnya lancar nggak ada nyamuk lah, takutnya nyamuk demam berdarah,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Wati. Kondisi sampah di aliran Kali Sipon yang tak enak dipandang itu membuat lingkungan menjadi kumuh.

“Lingkungan sini jadi kelihatan kumuh, harusnya cepat dibersihkan biar nggak bau juga,” harap Wati. (Ron/Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.