Imigrasi Soekarno-Hatta Buka Jurus Jitu Menerapkan Excellent Service 

oleh -13 Dilihat

Fokuspembaca.com – Demi meningkatkan pelayanan prima, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menggelar Workshop Customer Service Improvement  bertajuk  ‘Jurus Jitu Menerapkan Excellent Service.’ Pelatihan digelar di aula Kantor Imigrasi , Kamis (11/8/2022). 

Pelatihan itu dibuka langsung Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Nur Raisha Pujiastuti.  Workshop Customer Service Improvement diikuti  sekitar 40 peserta. 

Selain 35 pegawai  Keimigrasian, pelatihan singkat ini juga diikuti peserta  dari lima  Instansi di lingkungan Kombata (Bea  dan  Cukai, Otoritas Bandara, Aviation Security, KKP dan Polres). 

Kepala seksi Informasi  Komunikasi Keimigrasian Bandara Soekarno-Hatta  Jongki Ade Situngkir mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan  ada peningkatan kompetensi pegawai di bidang penanganan aduan dari masyarakat. 

“Kami ingin meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan pelatihan cara menangani aduan masyarakat,”kata Jongki. 

Menurut Jongki sepanjang Januari – 31 Juli 2022, tim informasi bidang TIKKIM menerima 4.060 permintaan informasi serta 22 aduan yang disampaikan masyarakat melalui berbagai media pelayanan  baik media sosial dan telepon. 

Jongki menyebutkan melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan informasi Keimigrasian, maka perlu diselenggarakan pelatihan bagi pegawai untuk menciptakan sosok petugas imigrasi yang informatif dan helpful. 

Pemateri Workshop Slamat Wibowo menyampaikan  dua materi  yang menarik minat peserta  yakni mengenai  handling complain (mengelola keluhan) dan interpersonal communication skill atau ketrampilan komunikasi dua orang atau lebih. Dua bahasan itu dibawakan dengan apik oleh Wibowo pakar komunikasi  jebolan Universitas Indonesia. 

Wibowo yang juga Direktur  Utama  Kobo Media Spirit mengajak puluhan peserta secara interaktif  dan pola permainannya game sehingga membangkitkan daya tarik peserta  mengikuti  pelatihan dengan suasana  santai tapi fokus. Pola game penyampaian pesan berantai dan transpose matriks. 

“Pelatihan ini menyenangkan karena  respon peserta positif dan menggambarkan wawasan yang cukup memadai. Saya yakin dengan pelatihan singkat ini  peserta akan semakin baik dalam memberikan pelayanan lebih baik,”pungkas  Wibowo. (Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.