Harga Cabai di Pasar Sarasawati Tangerang Naik 3 Kali Lipat, Capai Rp 90.000 Per Kilogram

oleh -34 Dilihat
Harga cabai mulai mengalami kenaikan menjelang Tahun Baru 2024 mencapai Rp 90.000 per kilogram di Pasar Pasar Saraswati, Ciledug, Kota Tangerang pada Sabtu (30/12/2023). (fokuspembaca.com/Iksan)

Fokuspembaca. com, Kota Tangerang- Harga cabai di Pasar Saraswati, Ciledug, Kota Tangerang kian melonjak menjelang Tahun Baru 2024. Harga cabai naik sekitar 2-3 kali lipat, hingga mencapai Rp 90.000 per kilogram.

Kenaikan harga tersebut banyak dikeluhkan oleh para pedagang maupun pembeli. Siman (45), salah seorang pedagang di pasar tersebut mengatakan bahwa kenaikan harga cabai menjelang tahun baru memang sering terjadi.

“Sebelumnya mah harga cabai masih di harga paling Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Biasa akhir tahun mah pasti begini (naik harga),” ujar Siman kepada fokuspembaca.com di lapak jualan miliknya.

Pada hari Sabtu, 30 Desember 2023, cabai keriting dijual dengan harga sekitar Rp 80.000 per kilogram. Sedangkan, cabai rawit dijual dengan harga Rp 90.000 per kilogram.

Dia menuturkan, kenaikan harga cabai ini sudah berlangsung selama dua minggu terakhir. Namun, bahan pokok lainya dia menyebut ada kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

“Udah 2 mingguan lah naik begini harga, kalau bahan yang lain naik tapi ga terlalu parah. Kaya bawang bawangan paling naik sedikit doang, ” tuturnya.

Siman mengaku, dengan kenaikan harga cabai ini membuat minat para pembeli menjadi berkurang. Hal ini berdampak pada pendapatan hasil jualan dari cabai rawit ini pun berkurang bagi pedagang.

“Turun banget pendapat, yang beli dikit itu juga paling kalau beli pada ga sampe sekilo, ” ucapnya.

Sementara itu salah satu pembeli yaitu Yuli mengaku, kenaikan harga cabai ini membuat dirinya harus mengurangi pembeliannya.

“Biasa beli sekilo (satu kilogram) kan cuma Rp 40.000, ini mah sekarang ya dikurangin paling setengah kilo aja, karena kan kalo beli sekilo itu kemahalan, ” bebernya.

Yuli, sebagai masyarakat pun berharap kenaikan harga cabai saat ini bisa berangsur turun.

“Berharap semoga cepet balik harga normal lagi aja, karena kalo harga terus begini cukup memberatkan juga bagi masyarakat. Apalagi kita yang dari kalangan bawah, ” harapnya. (Iksan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *