DPRD Kota Tangerang Minta Satpol PP Kota Tangerang Kroscek Ijin PT Villa Permata Cibodas

oleh -0 Dilihat

Fokuspembaca.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang tegas melakukan kroscek ijin pembangunan perumahan di dekat makam Ki Buyut Jenggot. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo.

Untuk diketahui pembangunan yang dilakukan PT Villa Permata Cibodas ini banyak menuai kontroversi. Pasalnya, masyarakat menganggap terdapat sebuah makam atau petilasan yang berada di lokasi pembangunan tersebut.

Namun demikian saat ini pihak pengembang terus melakukan pekerjaan, meskipun hanya sebatas menyiapkan lahan dan menurunkan alat berat. Padahal, dalam prosesnya PT Villa Permata Cibodas di klaim belum mengantongi ijin resmi dari Pemkot Tangerang.

Kata Gatot seharusnya perusahaan tersebut memperhitungkan dampak dari pembangunannya itu. Sebab di sekitar lokasi terdapat diduga makam keramat Ki Buyut Jenggot atau Tubagus Rajasuta yang saat ini tengah diteliti untuk dijadikan cagar budaya.

“Selama proses itu (penelitian) itu (diduga makam Ki Buyut Jenggot) dianggap cagar budaya maka harus dijaga tidak boleh dirusak atau diubah statusnya,” ujarnya saat dikonfirmasi Poskota, Jumat, (5/8/2022).

Menurut Gatot pihak Pemkoot Tangerang melalui Disbudpar tengah melakukan penelitian bersama dengan Pemprov Banten. Hal tersebut seharusnya menjadi pertimbangan bagi pihak pengembang.

“Terkait makam Ki buyut Jenggot, situs sejarah dan sedang di teliti oleh balai cagar budaya ya jangan sampe ada pengrusakan, kan,” ujar Gatot.

“Jangan sampai proses ini (penelitian) berjalan ada pengrusakan atau penyerobotan atau perubahan status ini. Kita harus bijak jangan ada pengurusakan di makam tersebut harus dilindungi secara undang undang,” jelasnya.

Padahal, lanjut Gatot, Disbudpar telah meminta anak perusahaan Lippo itu turut mengamankan diduga makam tersebut. Permintaan itu disampaikan oleh Disbudpar Kota Tangerang kepada PT Villa Permata Cibodas melalui surat yang telah dilayangkan.

Terkait dengan izin AMDAL yang diduga belum dikantongi oleh pihak PT Villa Permata Cibodas Gatot mengaku telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengambil tindakan.

“Kalau itu belum ada izinnya makanya saya minta satpol PP untuk kroscek,” katanya.

Dia mengatakan, Kota Tangerang sangat terbuka dengan investasi. Namun, dia berharap para pengusaha juga tertib dalam melengkapi dokumen perijinan.

“Kita Sangat terbuka terkait investasi, tapi investor harus tertib aturan. Kita enggak mempersulit, karena semangatnya, mereka nyaman, kita nyaman, kan untuk kenyamanan bersama,” ucap Gatot.

Dia mengatakan Pemkot Tangerang harus beraksi ketika ada pengusaha yang bandel. Apalagi hal ini sudah membuat kegaduhan di lingkungan masyarakat.

“Jadi saya sudah koordinasi ke pak Wawan (Kasatpol PP) , tolong cek informasi ini , di cek kebenarannya. Harus ada Action dari pemerintah dalam hal ini satpol PP,” tutup Gatot. (Muhammad Iqbal)

Foto : Lokasi pembangunan di Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang yang diduga terdapat Makam Ki Buyut Jenggot. (Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.