Apresiasi Bank Sampah Asoka, Pilar: Semoga Warga Lain Terketuk Hatinya

oleh -6 Dilihat
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengunjugi kegiatan penimbangan Bank Sampah Asoka Buaran. (Fokuspembaca.com)

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan mengunjungi Bank Sampah Asoka, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel, Rabu (22/5/2024) lalu.

Dalam kunjungannya, Pilar memberikan apresiasi kepada masyarakat yang aktif dalam pengelolaan sampah lewat program Bank SampahBank Sampah.

“Saya sangat mengapresiasi warga masyarakat yang menggerakkan Bank Sampah ini. Mudah-mudahan warga lain terketuk hatinya untuk aktif di Bank Sampah,” ujar Pilar di Bank Sampah Asoka.

Ia menyebut bahwa permasalahan sampah harus menjadi tanggung jawab bersama. Karena siapapun mereka bisa menjadi penghasil sampah itu sendiri.

Oleh karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus mendorong masyarakat terlibat, baik lewat program bank sampah maupun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R).

“Karena ini cukup efektif dalam pengelolaan sampah apabila yang ikut banyak. Jadi kalo TPS3R yang aktif ada 30an dibantu dengan Bank Sampah. Saya berharap ke LH untuk melihat mana TPS3R yang aktif, apabila ada alatnya yang rusak segera ganti yang baru. Dan mengajak partisipasi masyarakat, TPS3R tidak berjalan tanpa partisipasi aktif masyarakat,” ungkap Pilar.

Bahkan kata dia, berdasarkan perhitungan, pengurangan tonase sampah apabila keseluruhan RW memiliki Bank Sampah dan TPS3R sangatlah besar. Terutama bermanfaat dalam pemilahan sampah organik dan anorganik.

“Jadi sebenarnya lumayan pengaruhnya, organik dan anorganik. Anorganik itu kan bisa didaur ulang, punya nilai jual pula, sedangkan organik kan bisa jadi pupuk, eco enzim dan sebagainya,” ucap Pilar.

Ia mencontohkan bahwa dirinya juga aktif dalam keterlibatan bank sampah di lingkungannya.

“Sama saya juga di rumah juga aktif di bank sampah. Kita juga pilah sampah, ada tiga tempat sampah, lalu dipilah dan diangkut oleh pihak lain,” tandas Pilar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.