Akibat Kekurangan Lahan, Pemkot Tangsel Akan Kirim Sampah ke Lebak

oleh -3 Dilihat

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan – Akibat kekurangan lahan tempat pembuangan sampah, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten sebagai tempat pengiriman sampahnya.

Diketahui saat ini Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemrintah Kota Tangerang Selatan dengan Pemerintah Kota Serang terkait pembuangan sampah akan berakhir tahun ini.

Sementara itu, penampungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang ada di kota ini telah kelebihan kapasitas.

Padahal, dalam sehari ada total sekitar 400 ton sampah yang dihasilkan baik skala rumah tangga maupun industri di Kota Tangerang Selatan ini.

Wali Kota Benyamin Davnie mengatakan, perjanjian kerjasama ini dilakukan untuk memaksimalkan pengelolaan sampah dengan memastikan tempat pembuangan akhir yang memadai.

“Karena saat ini di TPA Cipeucang hampir separuhnya lebih sudah diisi timbunan sampah, dan kami memiliki keterbatasan lahan,” ujar Benyamin, Sabtu (30/9/2023).

Adapun target dan kegiatan yang termaktub nantinya dalam kerjasama ini akan dilaksanakan oleh Dintas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan dan Dinas Lingkungan Kabupaten Lebak.

Hal ini, diyakini Benyamin akan menguntungkan kedua belah pihak baik bagi Tangerang Selatan dan tentunya bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Jadi salah satu poinnya terkait pengelolaan sampah dari TPA Cipeucang akan dibawa ke TPA Dengung yang berada di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jayabaya pun menyampaikan bahwa pemerintah daerahnya menyambut baik kerjasama yang dijalin antar dua pemerintah daerah di Banten ini.

Menurut Iti, nota kersepakatan bersama ini tentu akan menambah pendapatan daerah.

“Sekali lagi kami menyambut baik dalam hal kerjasama dengan Pemkot Tangsel. Semoga memberikan kemanfaatan buat kita,” ucapnya.

Hal ini diharapkan ke depannya oleh Pemkab Lebak dapat menghasilkan terobosan-terobosan pembangunan ditambah kerja sama lainnya dengan Pemkot Tangsel.

“Terobosan-terobosan pembangunan nanti bisa kami lakukan, dan berbagai kerja sama lainnya, misal pendidikan,” tuturnya. (Mhd/Ivon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.