Akibat Hujan Deras Satu Perumahan di Tangsel Terendam Banjir Setinggi 140 cm

oleh -10 Dilihat

 

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan -Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu, 27 Desember 2023 menyebabkan salah satu perumahan terendam banjir setinggi 140 sentimeter.

Perumahan yang terendam banjir akibat hujan deras itu terjadi di Citra Prima Serpong, Kecamatan Setu, Kelurahan Kranggan, Kota Tangerang Selatan.

Pantauan fokuspembaca.com di lokasi, banjir tersebut masih menggenangi beberapa perumahan dengan ketinggian air masih mencapai 50 cm.

Supriyadi, salah satu ketua RT.01 RW.06 di perumahan tersebut mengatakan, banjir tersebut terjadi sekitar pukul 15.40 wib.

“Dari jam setengah 4 ini air udah mulai naik,” ujar Supriyadi saat ditemui.

Supriyadi mengatakan banjir yang melanda perumahan itu mengakibatkan sebanyak 40 rumah terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 140 centimeter.

“140 cm air tadi sebelumnya, lebih dari 40 rumah yang terdampak. Ini masih ujan kemungkinan air bakal naik lagi,” ucapnya.

Kemudian, jika kondisi hujan besar serta air di perumahan sudah mulai naik warga bergegas mengamankan barang-barang berharganya agar tidak terendam banjir. Kata dia, banjir yang melanda wilayahnya bukan pertama kali terjadi.

“Iya udah hafal, pokoknya kalo udah segini (banjir) langsung telpon saya kordinasi, banjir pun engga lama, paling paling satu jam udah surut . Tapi kan udah terlanjur pada tenggelam semua (barang-barang),” sebutnya.

Menurut dia, banjir yang terjadi di wilayahnya ini akibat adanya pembangunan sebuah perumahan yang terjadi sejak tahun 2016 silam.

“Pertama kali terjadi (banjir) sejak 2017, itu kita sudah konfirmasi ke camat, lurah udah survei kesini juga. Tapi yang kita tangkap terakhir Camat survei kesini terkendala karena (pembangunan) Perumahan Legon itu, 2016 mulai pembangunan 2017 itu awal banjir,” katanya.

Sementara itu, seorang warga sekitar yakni Samuel (56) yang sudah tinggal di perumahan tersebut selama 12 merasa gerah jika harus menghadapi banjir setiap hujan deras. Dia pun berharap agar permasalahan banjir ini bisa segera teratasi.

“Harapannya saya sih pemda jangan tutup mata jangan lepas tangan. Jadi bagaimana pun juga cape kita harus ada upayanya lah,” harapnya. (Iksan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *