Akibat Hujan Deras 177 KK di Perumahan Ciputat Terdampak Banjir 

oleh -8 Dilihat

Fokuspembaca.com, Tangerang Selatan -Hujan deras yang mengguyur Wilayah Kota Tangerang Selatan pada Rabu (6/12/2023) menyebabkan banjir di beberapa tempat di Pamulang dan Ciputat. Kondisi banjir mulai surut hari ini, Kamis (7/12/2023).

Hujan deras yang terjadi sejak sore kemarin menyebabkan banjir di 5 lokasi, salah satunya yakni perumahan Pamulang Asri 2, Serua Indah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Salah seorang warga sekitar bernama Adi mengatakan, banjir yang melanda perumahan tersebut terjadi sejak sore hari.

“Dari jam 4 lah ini banjir, pas ujan gede,” ujarnya saat dijumpai di lokasi, Rabu (6/12/2023).

Adi menuturkan, banjir di perumahan itu disebabkan akibat adanya perbaikan turap kali yang masih belum selesai. Sebab perumahan tersebut berada tidak jauh dari aliran kali.

“Itu kan turap masih di kerjain belum selesai, air kali meluap ke sini (perumahan) jadinya, terus drainase juga mungkin aliran kurang lancar,” ujarnya.

Kata dia, wilayah perumahan tersebut kerap sering dilanda banjir ketika hujan deras. Bahkan, dia pun harus merapihkan barang-barang di dalam rumahnya ketika hujan sudah mulai turun.

“Udah kesekian kali ini banjir, jadi saya kalau tau cuacanya mau hujan ya harus rapihin barang-barang biar kalo banjir ga terendam,” katanya.

Sementara disisi lain, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan M. Faridzal Gumai menyebut, akibat banjir tersebut ada sebanyak 170 KK yang terdampak.

“Ada 170 KK disini yang terdampak,” ungkapnya.

Kata Gumai, banjir di perumahan Pamulang Asri 2 akibat hujan deras mencapai di ketinggian hampir 1 meter.

“90 sentimeter, hampir 1 meter ketinggian air tadi,” jelasnya.

Kendati demikian, pantauan fokuspembaca.com di lokasi pada malam hari sekitar pukul 20.40 WIB, banjir di perumahan tersebut sudah mulai surut.

“Ini udah mulai surut Alhamdulillah, tinggal 10 sentimeter lah ini,” tuturnya.

Senada dengan Adi, Gumai juga menjelaskan jika banjir ini disebabkan oleh perbaikan turap yang masih belum selesai. Sehingga air kali meluap dan masuk ke perumahan itu.

“Ini bukan karena jebol , karena tanggul kan ini lagi diperbaiki. Jadi belum selesai udah kena hujan gede jadi kena air limpasan,” pungkasnya. (Iksan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *